Anjuran Memboikot Produk Musuh Islam


Oleh : Syaikh Hamud bin Uqlaa' asy-Syu'aibiy (Guru para ulama kibar era sekarang;Sh.Sulaiman al-Ulwan, Sh.Soleh al-Fauzan, Dr.Yusuf al-Ghufais, Sh.Nashir al-Fahd, Sh.Ali al-Khudoir, Sh.Abdullah al-Ghunaiman, Sh.Salman al-Odah, Sh.Abdul Aziz Alu Syaikh, Sh.al-Luhaidan, dll

Segala puji bagi Allah sholawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada nabi dan rasul termulia yaitu Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dan kepada keluargnya beserta para sahabatnya amma ba'ad :

Allah -subhaanahu wa ta'ala- berfirman : “Muhammad adalah utusan Allah, dan orang-orang yg bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir” (al-Fath : 29)

Allah berfirman -menjelaskan sifat-sifat org mukmin- : “yg bersifat keras terhadap orang-orang kafir yg berjihad di jalan Allah dan tidak takut terhadap celaan orang yang suka mencela” (al-Maidah :54)

Allah berfiman -menjelaskan tentang cara memerangi orang-orang kafir- : “Dan tangkaplah mereka, kepunglah mereka, dan intailah mereka di tempat-tempat pengintaian” (at-Taubah : 5)

Allah berfirman : “Dan tidak menginjak suatu tempat yang membangkitkan amarah org-org kafir, dan tidak menimpakan suatu bencana kepada musuh, melainkan dituliskanlah bagi mereka dengan yg demikian itu suatu amal soleh” (at-Taubah : 120)

Sesungguhnya di setiap zaman terdapat senjata yang cocok untuk digunakan umat islam melawan musuh-musuhnya.

Sungguh umat islam telah menggunakan segala bentuk senjata jihad untuk melawan musuh-musuhnya dengan tujuan inti mencederai mereka, mengalahkan mereka, dan melemahkan mereka.

Imam asy-Syaukaniy berkata : “Sungguh Allah telah memerintahkan umat islam untuk membunuh semua orang musyrik dengan cara apapun yg dapat ditempuh dan tidak ada satupun pengecualian metode membunuh mereka” (lihat as-Sail al-Jarroor jld.4 hlm.534)

Ucapan imam asy-Syaukaniy di atas sangat pas dan sesuai dengan keumuman firman Allah : “Dan tangkaplah mereka, kepunglah mereka, dan intailah mereka di tempat-tempat pengintaian” 

Salah satu strategi jihad yang digunakan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dalam memerangi orang kafir demi melemahkan mereka adalah al-Hishoor al-Iqtishoodiy atau dikenal di zaman kita sekarang pemboikotan secara ekonomi. Adapun contoh-contoh pemboikotan yg dilakukan Nabi kita shallallahu alaihi wa sallam sangatlah banyak diantaranya :

1. Pergerakan jihad pertama, yaitu ketika pasukan khusus bentukan rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang dipimpin langsung oleh Rasul saw. Peperangan ini salah satu tujuannya adalah memutus rantai perekonomian kota mekkah dengan cara merusak jalur perdangan mekkah dan syam. Strategi ini termasuk cara yg sangat mematikan utk melemahkan perekonomian kota mekkah yg menjadi pusat musuh islam pertama.

2. Kisah pengepungan kaum Yahudi Bani an-Nadhiir dan kisah ini disebutkan Imam Muslim di kitab hadisnya :
“Maka tatkala mereka melanggar ikatan janji perdamaian, maka Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengepung mereka, menebang pohon-pohon kurma mereka lalu membakarnya, sampai mereka mengutus utusan kepada Rasulullah saw dan menyatakan kekalahan mereka serta berjanji akan keluar dari kota madinah. Dengan cara pengepungan dan pemboikotan secara ekonomi mereka dapat dikalahkan, lalu turunlah firman Allah : 
“Apa saja yang kamu tebang dari pohon kurma (milik orang-orang kafir) atau yang kamu biarkan (tumbuh) berdiri di atas pokoknya, maka (semua itu) adalah dengan izin Allah; dan karena Dia hendak memberikan kehinaan kepada orang-orang fasik.” (Al-Ĥashr):5 

Metode pengepungan, pemboikotan dan pemutusan rantai ekonomi mereka dengan cara menebang kurma-kurma mereka, menghancurkan sawah-sawah mereka, termasuk senjata paling ampuh untuk melemahkan mereka dan mengusir mereka dari kota madinah.

3. Kisah pengepungan kota Thoif setelah Fathulmakkah dan kisah ini disebutkan di dalam kitab Sohih Bukhori bab al-Maghooziy dan juga Imam Muslim di bab jihad, dan Ibnu Qoyyim menceritakan kisah tersebut juga dengan perincian di dalam kitabnya Zaad al-Ma'aad, begitu pula disebutkan Ibnu as-Sa'ad di dalam kitabnya ath-Thobaqoot jld.2 hlm.158. :
“Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah mengepung penduduk Thoif, dan beliau memerintahkan supaya menebang pohon-pohon anggur Bani Tsaqif lalu membakarnya, lantas para mujahidun langsung melaksanakannya”.
Ibnu Qoyyim menjelaskan faidah dari metode tersebut : “Hal ini adalah dalil bolehnya menebang pohon-pohon orang-orang kafir jika hal tersebut dapat melemahkan mereka, dan membuat mereka marah”

4. Kisah pemboikotan secara ekonomi yg dilakukan Tsumaamah bin Atsaal al-Hanafiy rodhiyaAllah 'anhu. 
Kisah ini disebutkan Ibnu Ishak di dalam kitab sirohnya, dan juga Ibnu Qoyyim di kitab Zaad al-Ma'aad, Imam Bukhori di bab Maghooziy, dan Imam Muslim di bab jihad. 
Kisah ini terjadi sebelum FathulMakkah, ketika dia baru masuk islam lalu berangkat ke mekkah untuk menunaikan ibadah umroh. Setelah beliau selesai dari ibadah umroh, beliau mengumumkan pemboikotannya terhadap org-org kafir Quroisy, seraya berkata : “Tidak! demi Allah tidak akan datang sebijipun gandum dari desa al-Yamaamah kepada kalian sampai Rasulullah saw mengijinkannya.” (di kala itu al-Yamaamah adalah desa yg berada digenggaman kekuasaan mekkah)

Kemudian beliau bergerak pergi menuju al-Yamaamah, dan melarang penduduknya utk tidak menyalurkan apapun makanan ke kota mekkah, sampai mereka(penduduk makkah) kewalahan dan menyerah.
Hal ini disetujui Rasulullah saw(taqrir), dan kisah ini termasuk fadhoilnya Tsumaamah bin Atsaal.

Semua kejadian yg telah kita sebutkan di atas adalah dalil dasar dari Rasulullah saw atas hukum asas metode jihad(pemboikotan) yg telah beliau perundangkan dalam syariat islam.

Pada hari ini metode tersebut adalah salah satu metode jihad yg sangat mampu ditempuh oleh semua umat islam untuk melawan orang-orang kafir, dan ingat firman Allah : “Maka bertakwalah kalian semua semampu yg kalian bisa” 

Metode ini adalah metode jihad umat yg sangat bermanfaat dan in sya Allah mengadung hasil yg bagus, di saat umat banyak yg meninggalkan permusuhan terhadap org-org kafir dengan cara apapun, maka metode inilah yg paling bermanfaat utk memusuhi mereka.

Maka dari itu kita memotivasi setiap muslim untuk jihad melawan amerika,org-org inggris, dan yahudi dengan menggunakan senjata pemutusan rantai ekonomi(pemboikotan) yg dapat melemahkan ekonomi mereka.

Jika umat islam tidak dapat jihad melawan mereka dengan senjata maka jangan sampai juga umat islam meninggalkan cara ini, hal ini demi melemahkan mereka dengan cara memboikot setiap produk-produk mereka, dan pabrik-pabrik mereka. 
Allah berfirman : “Perangilah org-org musyrik dengan harta kalian, tangan-tangan kalian, dan lisan-lisan kalian” HR.Ahmad dan Abu Daud dari Hadis Anas bin Malik.

Begitu pula saya motivasi semua saudara-saudaraku muslim agar selalu bersabar di dalam jihad ini, dan selalu ingat firman Allah : ('Āli `Imrān):200 - Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.

Dan janganlah kita bosan atau bermalasan, karena kemenangan itu dapat diraih melalui kesabaran, dan semangatlah dalam memboikot setiap produk-produk amerika, inggris, yahudi dll secara kuat dan maksimal! 
dan ingat firman Allah : “dan tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan ketakwaan” dan ingat hadis Rasulullah saw :
(Orang-orang mukmin darah mereka adalah sama, akan dijaga dari perlindungan mereka walau dari kalangan rendah mereka. Mereka adalah sebagai tangan atas selain mereka.) (HR. Ahmad: 913) 

Ya Allah laknatlah amerika, orang-orang inggris, yahudi, dan semua penolong mereka dan juga setiap orang yg mendukung mereka!

Sholawat dan salam kita curahkan kepada Nabi Muhammad saw, dan juga kepada keluarganya dan sahabat-sahabatnya.

_______________
Diucapkan Syaikh Hamud -rohimahullah pada : 28/11/1421 Hijriyah

Alih bahasa : Abu Musa al-Mizziy
(Dengan sedikit pengurangan beberapa kalimat tidak diterjemahkan)
Judul asli : 
بيان في الحث على المقاطعة الاقتصادية ضد أعداء المسلمين

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syaikh Abdullah Al-Bukhari; Parenting Muslim

Berhenti Belajar Agama Sebab Bekerja ?

MANHAJ KOKOH