Sholat dan Dosa

Kesalahan dan dosa seorang hamba memang sangat luar biasa besarnya. Dosa-dosa besar itu ada di depan mata bahkan biasa dikerjakan oleh manusia, seperti:

Dosa besar Melakukan Kesyirikan, Berani dengan orang tua, Sombong dan angkuh, Menuduh orang baik sebagai perzina, Mengadu domba, Menghianati kepada pasangan yang sah, Minum khamar, Berzina , Mencuri, Berjudi, Percaya dengan dukun, Memutus hubungan dengan kerabat, Melakukan praktek sihir, Makan Riba, Menato tubuh, Tidak shalat, dan yang lainnya.

Dosa akan membawa beban kehidupan bagi manusia tidak nyaman. Ada sifat gampang marah, gampang tersinggung juga badan susah tidur karena merasa dihantui rasa salah yang besar.

Agar hidup nyaman, keluarga juga merasa tentram maka tinggalkan dosa besar itu dengan segera lalu bertaubat dan beramal shalih untuk bangkit menjadi manusia hebat.

Amalan hebat penghancur dosa besar adalah dengan melakukan shalat. 

Hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الصَّلاَةُ الْخَمْسُ وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُنَّ مَا لَمْ تُغْشَ الْكَبَائِرُ

“Di antara shalat lima waktu, di antara Jum’at yang satu dan Jum’at berikutnya adalah penghapus dosa di antara semua itu selama tidak dilakukan dosa besar” 

📚 : [ HR. Muslim no. 233 ]

Salah satu kandungan di atas bahwa amalan shalat 5 waktu adalah penghilang dosa. 

Dalam keterangan hadits yang lainnya, yaitu dari ‘Utsman bin ‘Affan, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنِ امْرِئٍ مُسْلِمٍ تَحْضُرُهُ صَلاَةٌ مَكْتُوبَةٌ فَيُحْسِنُ وُضُوءَهَا وَخُشُوعَهَا وَرُكُوعَهَا إِلاَّ كَانَتْ كَفَّارَةً لِمَا قَبْلَهَا مِنَ الذُّنُوبِ مَا لَمْ يُؤْتِ كَبِيرَةً وَذَلِكَ الدَّهْرَ كُلَّهُ

“Tidaklah seorang muslim ketika waktunya shalat wajib, lalu ia membaguskan wudhunya, ia khusyu’ dalam shalatnya, dan menyempurnakan ruku’, melaikankan itu menjadi penghapus dosa-dosa sebelumnya selama tidak dilakukannya dosa besar, dan itu setiap masa semuanya.” 

📚 : [ HR. Muslim no. 228 ]

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam juga menegaskan dalam hadits yang lainnya;

أَرَأَيْتُمْ لَوْ أَنَّ نَهَرًا بِبَابِ أَحَدِكُمْ يَغْتَسِلُ فِيهِ كُلَّ يَوْمٍ خَمْسًا مَا تَقُولُ ذَلِكَ يُبْقِي مِنْ دَرَنِهِ

“Bagaimana pendapat kalian seandainya ada sungai di depan pintu rumah salah seorang dari kalian, lalu dia mandi lima kali setiap hari? Apakah kalian menganggap masih akan ada kotoran (daki) yang tersisa padanya?”

Para sahabat menjawab,

لَا يُبْقِي مِنْ دَرَنِهِ شَيْئًا

“Tidak akan ada yang tersisa sedikit pun kotoran padanya.”

Lalu beliau bersabda,

فَذَلِكَ مِثْلُ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسِ يَمْحُواللَّهُ بِهِ الْخَطَايَا

“Seperti itu pula dengan shalat lima waktu, dengannya Allah akan menghapus semua kesalahan.” 

📚 : [ HR. Bukhari no. 528 dan Muslim no. 283 ]

Ayo shalat 5 waktu agar dosa yang menempel pada diri kita lenyap diganti dengan kebaikkan sehingga hidup terasa nyaman.

Dan, perlu digaris bawahi lagi bahwa dosa yang terhapus karena Shalat adalah —dosa kecil—, adapun Dosa besar maka dengan cara Taubat dan tidak mengulangi kesalahan yang sama lagi.

✍🏻 : Karawang, 01 Mei 2024
🏷️ Saluran WhatsApp : Klik Disini
📱Grup WA : Klik Disini
📪 Telegram : Klik Disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syaikh Abdullah Al-Bukhari; Parenting Muslim

Berhenti Belajar Agama Sebab Bekerja ?

MANHAJ KOKOH