Menunda Taubat

Seandainya kalau boleh melihat ke neraka ternyata kebanyakan jeritan dari para penghuninya itu adalah penyesalan mereka ketika di dunia karena menunda taubatnya.

Berkata al-Imam Ibnu Rajab al-Hanbali رحمه الله تعالى :

إذ كان الإنسان تسوؤه سيئته ويعمل لأجلها عملاصالحا كان ذلك دليلا على إيمانه

"Jika seseorang merasa sedih karena dosanya dan dia beramal shaleh untuk menghapus dosanya, maka itu merupakan bukti atas ke imanan nya"

📚 : [ Fathul Baari : III/28 ]

Bukankah sebenarnya masa lalu yang kelam itu bisa berubah menjadi cahaya terang bagi manusia manakala ia bertaubat atas perbuatannya. Seperti dulunya doyan berjudi, berzina, mabuk-mabukan, dan yang lainnya. Kemudian ogah melakukannya, bahkan mengganti dengan amalan yang baik. Maka kebahagiaan akan didapat dengan sempurna.

Imam Syafi'i berkata, 

"Kulihat dosa-dosaku seakan begitu besar. Tapi saat kusandingkan dengan ampunanMu, ternyata ampunanMu jauh lebih besar." 

Kita tengok arti taubat itu adalah : "Memiliki makna berhenti melakukan kemaksiatan dan kembali menuju ketaatan."

Taubat adalah amalan yang sangat dicintai Allah ta’ala :

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” 

📚 : [ QS. Al-Baqarah : 222 ]

Di dalam surat lainnya Allah memberikan jawaban yang sangat menyejukan bagi hamba yang tersesat di dalam kemaksiatan kemudian ia bertaubat.

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

“Katakanlah: Wahai para hamba-Ku yang melampaui batas terhadap dirinya sendirinya, janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah Mengampuni semua dosa dan Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” 

📚 : [ QS. Az-Zumar : 53 ]

Taubatnya pendosa sebenarnya akan mendatangkan kemenangan baginya :

وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Bertaubatlah kepada Allah, wahai orang-oran beriman sekalian agar kalian beruntung.” 

📚 : [ QS. An-Nur : 31 ]

Dan keberuntungan akan dicapai manusia tatkala dirinya merasa sangat butuh kepadaNya hingga Allah menyelamatkan jiwa yang terperosok mengikuti hawa nafsunya itu.

Nabi shallallahu’alaihi wasallam bersabda,

إن الله عز وجل يبسط يده بالليل ليتوب مسيء النهار، ويبسط يده بالنهار ليتوب مسيء الليل، حتى تطلع الشمس من مغربها

“Sesungguhnya Allah Ta’ala membentangkan tanganNya di malam hari untuk menerima taubat hamba yang berdosa di siag hari. Dan Allah Ta’ala membentangkan tagan-Nya di siang hari untuk menerima taubat hamba yang berdosa di malam hari, sampai matahari terbit dari barat.” 

📚 : [ HR. Muslim ]

Siapapun manusia pasti memiliki kesalahan, namun yang paling baik adalah mengakui kesalahan itu kepada Allah Ta'ala. Kemudian mengganti dengan shalat, mengganti dengan banyak berdoa, mengganti banyak mengucapkan istighfar.

Sebagaimana doa yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, 

اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمتُ نَفْسِي ظُلْمًا كَثِيرًا، وَلاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أنْتَ، فَاغْفِرْ لي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ، وارْحَمْنِي، إنَّكَ أنْتَ الغَفُورُ الرَّحِيمُ

"ALLOOHUMMA INNII DZHOLAMTU NAFSII DZHULMAN KATSIIROO WA LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLAA ANTA, FAGHFIR LII MAGHFIROTAN MIN ‘INDIK, WARHAMNII INNAKA ANTAL GHOFUURUR ROHIIM." 

Artinya, 
"Ya Allah, sesungguhnya aku telah menzalimi diriku sendiri dengan kezaliman yang besar. Tiada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau. Ampunilah aku dengan ampunan dari-Mu. Kasihanilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” 

📚 : [ Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari, no. 834 dan Muslim, no. 2705 ]

✍🏻 : Karawang, 13 Mei 2024
🏷️ Saluran WhatsApp : Klik Disini
📱Grup WA : Klik Disini
📪 Telegram : Klik Disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syaikh Abdullah Al-Bukhari; Parenting Muslim

Berhenti Belajar Agama Sebab Bekerja ?

MANHAJ KOKOH